Menangkap Ikan dengan Menembak - Broad Knowledge

Dapatkan info, ilmu, pengetahuan, dan tambah wawasan anda

Tuesday 4 August 2009

Menangkap Ikan dengan Menembak

Tradisi menangkap ikan sudah tidak asing lagi dalam masyarakat Indonesia.Apalagi dalam pekerjaan para nelayan.Nelayan sering menggunankan alat-alat sederhana untuk menangkap ikan.Seperti pancing,jala,pistol tradisional,pancing layang-layang,perangkap kayu,serta yang lainnya.
Tradisi menangkap ikan dengan menggunakan pistol sederhana di dapat dari kebiasaan nelayan yang dahulu menangkap ikan yang hanya mengunakan tombak. Tombak tersebut dijadikan pedoman untuk membuat pistol sederhana. Pertama –tama orang hanya menggunakan pistol dari kayu yang cukup sederhana.Lambat laun seiring dengan perkembangan zaman,orang membuat pistol untuk menangkap ikan menjadi lebih canggih.Bahannya bahkan lebih modern seperti besi yang sebelumnya hanya menggunakan kayu.
Alat-alat yang dibutuhkan dan cara penggunaannya juga cukup mudah.Pistol disertai besi panjang yang runcing.Panjang pistol tersebut ±1,5m.Disertai juga besi runcing yang panjangnya harus melebihi ukuran pistol kira-kira 2m.Besi tersebut juga dipasangkan seutas tali yang dihubungkan ke pistol dengan panjang tali ±2,2 m.Tali tersebut digunakan untuk menghubungkan antara pistol dan besi yang runcing agar saat besi yang ditembakkan ke sasaran tidak lepas jauh tak berarah.Untuk membidikkan besi yang runcing diperlukan juga karet yang dipasang dibagian atas pistol.Karet tersebut gunanya untuk memegaskan besi ke arah sasaran .Setelah semuanya terpasang,hubungkan besi yang runcing ke karet dan pasangkan di bagian atas.Tepatkan besi pada sasaran dan bidiklah hingga menancap pada besi.

No comments:

Post a Comment

Loading...